Rabu, 17 Februari 2010

Training of Trainer Tanggap Darurat Pelkesi

Pada tanggal 24-28 Januari 2010, Pelkesi mengadakan kegiatan Training of Trainer Tanggap Darurat Bencana yang dilaksanakan di Pusdiklat Kesehatan Depkes, Jakarta. ToT tersebut diikuti oleh 10 peserta dari wilayah I – V dengan dr. Jhon Ryder Purba dan Bpk. Hasan Ashari sebagai fasilitator. Para peserta yang diutus wilayah adalah dokter dan perawat dimana sebagian besar dari mereka memiliki pemahaman yang memadai mengenai bencana dan pernah terlibat dalam penanganan bencana , dan/atau anggota tim penanganan bencana rumah sakit (UPK).

ToT Tanggap Darurat bencana dilakukan dengan tujuan membekali calon trainer dari wilayah – wilayah dengan pengetahuan dan ketrampilan penanggulangan bencana.

Pelatihan dirancang sangat dinamis dan partisipatif dimana peserta lebih banyak bertindak sebagai nara sumber dan mempraktekkan berbagai materi baik secara berkelompok maupun individu. Materi yang diberikan sangat komprehensif mulai dari pemahaman mengenai bencana, jenis – jenis bencana, management posko, evakuasi medis saat terjadi bencana dan micro teaching (latihan fasilitasi). Metode yang digunakan juga bermacam – macam antara lain ceramah, nonton film, diskusi kelompok, simulasi dan tugas mandiri.

Peserta ToT memperlihatkan keseriusan mereka selama proses, sehingga penguasaan materi dan ketrampilan sebagai fasilitator penanggulangan bencana terlihat semakin baik di akhir kegiatan. 99% peserta lulus sebagai fasilitator, 1 % peserta menjadi fasilitator kelas (pendamping fasilitator).

Di akhir kegiatan, peserta berkomitmen untuk menjadi fasilitator penanggulangan bencana di wilayah masing-masing dan bersedia terlibat dalam kegiatan-kegiatan penanggulangan bencana sesuai kebutuhan.

Tidak ada komentar: